Prabowo Ingin Pulangkan Makam Diponegoro, Ini Tanggapan Sultan HB X
Prabowo Ingin Pulangkan Makam Diponegoro, Ini Tanggapan Sultan HB X

Prabowo Ingin Pulangkan Makam Diponegoro, Ini Tanggapan Sultan HB X

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ingin memindah makam Pangeran Diponegoro dari Makassar, Sulawesi Selatan ke Yogyakarta. Bagaimana dari Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X?

"Nanti kita lihat sajalah, nanti kalau memang betul nanti ada komunikasi," kata Sultan, ditemui di acara syawalan Pemda DIY bersama Pemkab Kulon Progo, di Taman Budaya Kulon Progo, Selasa (3/7/2018).

Menurut Sultan, usulan memindahkan makam Pangeran Diponegoro yang merupakan putera sulung Sri Sultan Hamengku Buwono III itu butuh banyak pertimbangan. Sultan pun belum bersedia menjawab apakah memungkinkan makam Diponegoro dipindah ke Yogyakarta.

"(Butuh) pertimbangan, apakah menguntungkan di sini (Yogya) atau menguntungkan di sana (Makassar)," jelasnya.

Sultan pun menyebutkan usulan pemindahan makam Pangeran Diponegoro baru pertama ini dia dengar. "Belum pernah ada usulan (dari internal atau eksternal Keraton)," imbuhnya.

Pangeran Diponegoro bernama kecil Bendoro Raden Mas Ontowiryo, lahir 11 November 1785. Dia terkenal dengan memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa (1825-1830) melawan pemerintah Hindia Belanda. Jejak perjuangannya dari Tegalrejo Yogya, Kulon Progo, Gua Selarong Bantul, Magelang, Purworejo, Kebumen, hingga Ungaran.

Pangeran Diponegoro akhirnya ditangkap Belanda, dipenjara, dan diasingkan di Benteng Fort Rotterdam Makassar hingga wafat pada usia 69 tahun. Pangeran Diponegoro dimakamkan di Makassar yang kini bernama Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro.

Baca:

Buka Komentar