Padi Raksasa di Blitar, Tinggi Bisa Capai 2 Meter dan Bulir Lebih Banyak
Padi Raksasa di Blitar, Tinggi Bisa Capai 2 Meter dan Bulir Lebih Banyak

Padi Raksasa di Blitar, Tinggi Bisa Capai 2 Meter dan Bulir Lebih Banyak

Diaudin Aridowi (24), warga Dusun Bebekan, Desa Combong, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, tengah bergembira akhir-akhir ini. Padi yang ditanamnya tumbuh besar. Tinggi dan bulirnya banyak. Padi jenis apa itu?

Padi PIM 1 namanya. Bibit varietas baru ini didapatkan Udin, sapaan akrab Diaudin Aridowi, dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) seharga Rp 25 ribu per kilogram.

Udin menanam padi tersebut di lahan 14x1 meter pada awal Januari 2018. Kini tinggi padi antara 160 cm hingga 185 cm. Jadi 'raksasa' di tengah sawah sebab padi-padi lainnya hanya setinggi 70 cm.

Kata temen saya, masa tanam padi jenis ini memang lebih lama seminggu daripada padi biasanya. Tapi produksinya lebih banyak dan lebih tahan hama," kata Udin ditemui di tepi sawahnya Senin (11/3/2018).

Jika padi jenis biasa masa tanamnya selama maksimal 105 hari, maka padi PIM 1 ini baru bisa dipanen setelah masa tanam selama 120 hari.

"Padi PIM1 ini dalam satu batang bisa berisi 800 sampai 900 bulir padi. Kalau padi umumnya, satu batang hanya berisi 125 sampai 200 bulir padi," jelas Udin.

Ini baru pertama padi jenis tersebut ditanam. Udin hanya coba-coba. Jika hasilnya sepadan dengan masa tanam dan panen, maka ia akan meneruskan. Petani lain, menurut Udin, akan meniru.

Baca:

Buka Komentar