Sandi Ingin Warga Buka Usaha di Garasi
Sandi Ingin Warga Buka Usaha di Garasi

Sandi Ingin Warga Buka Usaha di Garasi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan merevisi perda mengenai zonasi. Sandiaga ingin dengan revisi tersebut warga bisa membangun usaha dari rumah masing-masing.

"Kami ingin kemudahan bagi setiap pengusaha pemula, pengusaha kecil, usaha mikro yang memulai usahanya di rumah sendiri atau kami lihat sebagai contoh yang showcase sama seperti yang terjadi di Silicon Valley atau yang seperti Microsoft, Apple, yang dimulai di garasi," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

Sandiaga mengatakan akan melakukan finalisasi perda zonasi tersebut pada tahun ini. Perda tersebut diharapkan dapat mulai diterapkan pada 2019.

"Rencananya hari ini kita akan bahas finalisasinya. Mudah-mudahan bisa kami tuntaskan sebagai salah satu terobosan masalah perizinan yang mengacu pada beberapa kaidah misalnya lahan luas usaha dalam rumah, jumlah karyawan, tidak timbulkan limbah atau gangguan pada tetangganya," jelasnya.

Sandiaga memastikan Perda Nomor 1/2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR dan PZ) yang direvisi tidak akan menyalahi aturan. Dia ingin revisi zonasi tetap mempertimbangkan tata ruang Jakarta.

"Kami tidak inginkan juga adalah white washing yaitu pemutihan karena kalau ada pemutihan nanti di setiap lima tahun akan ada pergerakan di daerah di mana yang tadinya menjadi usaha terus tiba-tiba sudah menjadi tidak sesuai lagi terus berubah," terangnya.

Baca:

Buka Komentar