Menlu dan Paspampres Sujud Syukur Usai Dampingi Jokowi di Afghanistan
Menlu dan Paspampres Sujud Syukur Usai Dampingi Jokowi di Afghanistan

Menlu dan Paspampres Sujud Syukur Usai Dampingi Jokowi di Afghanistan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan tiba di Tanah Air usai lawatannya ke lima negara Asia Selatan, yakni Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan. Jokowi, Ibu Negara dan rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 05.20 WIB.

Ada kejadian menarik saat kepulangan Presiden dan rombongan. Saat dalam pesawat sebelum lepas landas, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI (Mar) Suhartono terlihat sujud syukur. Momen ini dibagikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui akun twitternya.

Menlu Retno dan Danpaspampres Suhartono sujud syukur karena kunjungan ke Afghanistan yang baru diguncang bom itu berlangsung tanpa hambatan berarti. Berdasarkan informasi, Jokowi dan rombongan berada di Afghanistan sekitar enam jam.

"(Sujud Syukur) dilaksanakan di atas pesawat Kepresidenan Indonesia-1 ketika berada di Kabul dan akan lepas landas, pesawat belum bergerak," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan foto tersebut, Selasa (30/1).

Menlu Retno bersyukur kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan berjalan lancar. Sebab, kunjungan itu banyak dinilai terlalu berani karena ibu kota Afghanistan, Kabul baru saja diguncang dengan ledakan bom yang menewaskan 103 orang tewas dan 235 orang terluka. Kedatangan Jokowi dan rombongan selang dua hari dari kejadian bom tersebut.

"Alhamdulillah semua lancar," kata Retno usai sujud syukur.

Selain membagikan momen sujud syukur Menlu dan Danpaspampres tersebut, Pramono Anung juga membagikan cerita lain dari kunjungan ke Afghanistan. Dia menyebutkan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki yang tegang selama kunjungan sehingga lupa membawa baju tebal untuk antisipasi cuaca dingin. Maka, mantan Kepala Staf Kepresidenan itu mengenakan selimut pesawat

"Cerita lucu dan berkesan kunjungan ke Afghanistan, Pak Teten karena tegang, lupa membawa baju untuk udara dingin, dan memakai selimut pesawat untuk menahan rasa dingin dan dipikir ulama dari Indonesia," cuit Pramono.

Rombongan Presiden Jokowi tiba di Bandara Internasional Hamid Kariadi, Kabul, Afghanistan, Senin (29/1) sekira pukul 11.40 waktu setempat atau 14.10 WIB. Setibanya di Kabul, Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Presiden Arg.

Di istana ini, Presiden Jokowi disambut Presiden Ashraf Ghani untuk selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan, yaitu pembicaraan empat mata, pertemuan bilateral, dan memberikan pernyataan pers bersama.

Dalam kunjungan ke lima negara termasuk Afghanistan, Jokowi mengajak Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.
source: merdeka

Baca:

Buka Komentar