Dahsyatnya Penampakan Tornado di Laut Cirebon Jadi Viral
Dahsyatnya Penampakan Tornado di Laut Cirebon Jadi Viral

Dahsyatnya Penampakan Tornado di Laut Cirebon Jadi Viral

Pinemu -Penampakan tornado di laut Cirebon menjadi viral di media sosial (medsos). Warganet dihebohkan dengan kemunculan tornado tersebut.

Salah satu pemilik akun instagram __ibes menggugah video dan foto penampakan tornado di laut Cirebon, tepatnya wilayah Pantai Kejawanan. __ibes menulis keterangan bahwa tornado di laut Cirebon itu terjadi sekitar pukul 15.10 WIB, Rabu (29/11). Dalam unggahannya itu __ibes menggambarkan tornado yang ia rekam terlihat sangat jelas jika dilihat secara langsung.



"Asli liat langsungnya itu lebih jelas banget. Dari air yang kesedot sampai nyembur lagi. Dari air yang surut sampai lanjut lagi. Terjadi sekitar 10-15 menit lamanya," tulis __ibes dalam unggahannya. __ibes juga memberikan keterangan lokasi, video dan foto itu ia ambil saat berada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Cirebon. Unggahannya pun diunggah ulang oleh sejumlah akun instagram lainnya.

Sementara itu, salah seorang nelayan, Ismail (42) warga Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon mengaku terkejut melihat penampakan tornado. Saat itu dirinya sedang berada di Pantai Kejawanan.

"Perahu saya posisi lumayan jauh. Cuma khawatir bergerak ke pantai. Kalau ke pantai rusak semua lah. Pengunjung dan pedagang juga langsung pada heboh," kata Ismail saat ditemui detikcom di Pantai Kejawanan, Kamis (30/11/2017).

Menurut Ismail penampakan tornado tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dengan durasi 15 menit, kemudian menghilang dengan perlahan ke arah timur. Dikatakan Ismail, penampakam tornado di Pantai Kejawanan merupakan kali kedua. "Tahun kemarin ada. Tapi tidak besar seperti ini. Yang (tornado) ini, awalnya air dari bawah itu munjuk (ke atas), terus tambah gede. Saya langsung mundur, gede soalnya" katanya.

Senada disampaikan Nuraeni (45) salah seorang pedagang di Pantai Kejawanan. Saat terjadi tornado, menurut Nuraeni di pantai masih banyak pengunjung. Karena waktu kejadian menjelang sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

"Banyak yang merekam. Awalnya kecil, terus tambah gede. Waktu itu di pantai hanya ada dua sampai empat orang. Pengunjung lainnya hanya di warung-warung. Kita juga langsung tutup, khawatir mas," katanya.

Nuraeni juga mengatakan penampakan tornado merupakan kali kedua di Pantai Kejawanan. Tornado pertama, sambungnya, terjadi pada tahun lalu. "Ya sudah pernah terjadi. Ini kedua kali, tapi ya biasa lagi. Kita kaget pas awal muncul aja, setelah itu sih biasa," katanya.
detik

Baca:

Buka Komentar